Breaking News

Pelaksanaan Pembangunan

1.   Pelaksanaan Pembangunan

Dalam upaya pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Kelurahan Pahandut bersama masyarakat melakukan kegiatan yang ditujukan kepada peningkatan taraf hidup masyarkat yang selama ini masih dianggap kurang, dengan tidak melupakan sektor lain berupa penyiapan lapangan kerja, peningkatan sumber daya manusia ( SDM ) dan Sumber Daya Alam ( SDA ) yang ada untuk dikelola dan dikembangkan menjadi penghasilan keluarga.

Dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas Pemerintah Kelurahan Se – Kota   Palangka Raya , Pemerintah Kota Palangka Raya memberikan bantuan melalui dana Bantuan Kelurahan yang Tahun 2014 ini sebesar Rp. 76.000.000,- ( Tujuh Puluh enam  Juta Rupiah ) dengan perincian penggunaan sebagai berikut :

  1. Menunjang  administrasi dan biaya operasional Kelurahan Rp. 61.000.000,-
  2. Menunjang Kegiatan LKK Rp. 7.500.000,-
  3. Menunjang Kegiatan PKK Rp. 7.500.000,-

 

2.  Pembinaan Kemasyarakatan

Untuk melaksanakan pembinaan kepada masyarakat Kelurahan Pahandut, aparat Kelurahan bekerjasama dengan LKK, Ketua RT/ RW, karang Taruna serta tokoh masyarakat senantiasa melakukan pendekatan dan pembinaan kepada masyarkat terhadap hal – hal sebagai berikut :

  1. Peningkatan pendalaman akan rasa persatuan dan kesatuan Bangsa yang terus dipupuk dan dikembangkan serta menjauhkan hal – hal yang bersifat memecahbbelah kerukunan antar warga masyarakat, oleh sebab itu arah pembinaan ditujukan kepada hal – hal yang berkaitan dengan Suku, Agama, Ras dan antar Golongan ( SARA ).
  2. Peningkatan kewaspadaan terhadap gangguan ketentraman dan ketertiban lingkungan melalui penyuluhan pentingnya Siskamling, yang telah dilakukan oleh aparat Kelurahan Pahandut bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Pahandut.
  3. Menumbuh kembangkan sikap atau rasa memiliki Kota Palangka Raya dengan menggiatkan  gerakan kebersihan  disetiap lingkungan mereka masing – masing dengan Gerakan Sabtu Beriman, sehingga kebersihan merupakan kebutuhan bagi setiap anggota masyarakat disamping itu juga mengadakan pendekatan terhadap pemilik bangunan liar yang dapat merusak keindahan dan kerapian Kota Palangka Raya.
  4. Untuk memberikan bekal ketrampilan kepada remaja diwilayah Kelurahan Pahandut, Karang Taruna bekerja sama dengan Dinas Sosial membantu pembinaan generasi muda dengan mengadakan pelatihan perbengkelan yang dilaksanakan di Balai Basara Kelurahan Pahandut.
  5. Kegiatan rutin PKK Kelurahan pahandut yaitu mengadakan pertemuan dengan para anggotanya dan mengadakan pembinaan terhadap Pos yandu serta mengikuti perlombaan baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Kota Palangka Raya